2

Ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu

Sebagaimana telah disebutkan disesi sebelumnya bahwa ilmu sastra jendra hayuningrat pangruwating diyu adalah ilmu yang bisa membawa manusia menuju pada derajat kesempurnaan sebagai hamba tuhan. 

Dan ilmu ini adalah ilmu yang tertinggi dan merupakan puncaknya ilmu dari segala ilmu (pungkas-pungkasane kaweruh), juga merupakan ilmu tentang rahasia dari segala rahasia yang turun secara rahasia dari tuhan kepada hambanya yang dikehendaki-Nya (Ngelmu wadining bumi kang sinengker hyang jagad pratingkah).

Dan ilmu ini juga berguna untuk menyelamatkan diri dan alam sekitarnya dari kehancuran dan murka tuhan (pangruwating barang sakalir).

Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating diyu Part 2
Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating diyu Part 2 



Ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu dalam pandangan islam adalah ilmu ruhani atau ilmu filqolbi yang dalam tahapan prosesnya melalui beberapa tahapan ilmu yaitu mulai dari tingkat Thoriqoh,hakikat dan ma'rifat.

Sedangkan penjelasan selanjutnya tenteng ketiga tingkatan ilmu ini nanti kita akan bahas di sesi tersendiri.
Disini mari kita mulai dari mengenal secara hakiki manfaaatnya ilmu ini bagi manusia.


Memahami dan mengerti hakikat dan manfaat ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu bagi manusia. 


Sebelum kita membahas cara mendapatkan ilmu ini, mari kita mengkaji manfaatnya bagi manusia yang mendapatkan ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu ini.

Istilah Ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu ini adalah merupakan sebuah istilah bahasa jawa yang berasal dari dunia pewayangan, Dan bisa dikatakan sebagai simbolik ilmu ruhani tingkat tinggi yang biasa dikenal dengan mistisisme. 

Atau ilmu spiritual yang bertujuan menjadikan diri manusia yang menjalaninya mempunyai tingkat ketenangan batin yang sempurna dengan tujuan mengenal tuhan dengan sesungguhnya. 

Sehingga ia mampu mengerti secara hakiki tentang rahasia dan makna penciptaan manusia oleh tuhan, dan rahasia kehendak tuhan dalam setiap tingkah kehidupan ini.

Sebagai contoh fungsi dari ilmu ini dalam realitas kehidupan manusia adalah, banyak manusia yang menderita atau dipusingkan oleh masalah-masalah kehidupan yang menimpa dirinya.

Kecuali mereka yang telah mulai memproses dan belajar menata batinya secara khusus, sehingga dengan sesadar-sadarnya nanti dia akan mampu menghilangkan keakuan dirinya dan menyerah kepada kuasa tuhan, MO GO BO Tho Ngo. Sehingga dirinya tidak dipermainkan oleh masalah itu. 

Dia menyadari bahwa semua itu tidak bisa diatasi dengan upaya dan ihtiyar semata, namun dia mengerti bahwa semua itu hanya tuhan yang bisa mengatasinya, karena tuhan yang memberi masalah dan pasti tuhan telah meyiapkan jalan keluarnya. 

Kondisi batin seperti ini tidaklah mudah dipraktikkan saat manusia dalam kondisi ditekan sebuah masalah. Karena yang terjadi pada saat itu pada umumnya manusia berfikir bagaimana dia bisa untuk segera mendapatkan jalan keluarnya, agar bisa hidup tenang dan pasti akan berusaha menghindari setiap masalah itu lagi.

Dari kondisi seperti itu tak banyak manusia yang bisa menyadari bahwa secara hakiki adalah sebuah drama kehidupan yang diberikan tuhan untuk menguji kwalitas kehambaan seseorang. 
Yang sesungguhnya akan membawa manusia itu menjadi lebih baik dihadapan tuhan, dan seharusnya disyukuri dan dinikmati, juga tak perlu dirisaukan dan dipusingkan, karena pada akhirnya nanti akan terselesaikan dengan sendirinya dengan kehendak tuhan.

Lalu apa yang harus kita lakukan saat mendapatkan sebuah masalah seperti itu?

Yang seharusnya kita lakukan adalah kita harus Fokus hanya pada tuhan yang maha menciptakan masalah kita.

Karena kebanyakan dari manusia itu bingung dan menderita, karena pandangan hatinya terlalu fokus hanya pada masalah yang menimpanya, dan mereka tidak fokus pada tuhan. 

Disinilah letak dan sumber dari kesalahan manusia yang menyebabkan kegelisahan dan rasa deritanya. sehingga masalah tersebut dirasakan seakan berlarut-larut dan menyiksa hidupnya.

Namun untuk bisa fokus pada tuhan inilah yang memerlukan sebuah proses belajar ilmu filqolbi.

Karena Yang akan dilakukan oleh orang yang telah mendapatkan ilmu filqolbi adalah, dia tidak akan pernah merasa ada beban atau masalah itu menimpa dirinya. 

Kenapa?, Karena dia tidak berusaha fokus pada hal-hal yang bersifat mencari kenikmatan duniawi belaka, tetapi dia hanya fokus pada tuhan semata.

Sehingga dalam hidupnya dia hanya menjalani semua titah tuhan(sakdermo amiradati), dan memaksimalkan akal dan ilmu yang ia pelajari sebagai upaya mensyukuri bahwa yang ia miliki adalah pemberian tuhan untuk kemanfaatan dirinya dan lingkungan sekitarnaya dalam rangka pengabdian dirinya sebagai seorang hamba.

Sikap keihlasan hatinya dalam setiap aktifitas duniawinya inilah yang menjadikan seorang hamba seperti itu tak pernah terbebani oleh keinginan-keinginan duniawi yang menjerat akal dan jiwanya, sehingga mereka jauh dari rasa kecewa dan rasa kegembiraan yang berlebihan. 

Semua tampak biasa dan tak ada yang luar biasa didunia ini, karena semua adalah hanyalah kehampaan belaka.

uraian ini adalah salah satu contoh kecil dari manfaat dan pentingnya ilmu filqolbi atau disebut Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu.Lanjutkan ke halaman berikutnya



Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment Blogger

 
Top