1
Apakah kita bisa mempelajari ajaran sastra jendra hayuningrat pangruwating diyu ini?
Namun sebelumnya kita perlu tahu apa arti dan maknanya terlebih dahulu.

Pengertian Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating diyu.


Di dalam dunia spiritual jawa sering terdengar istilah Sastra jendra hayuningrat pangruwating diyu, ini adalah sebuah istilah yang berasal dari dunia pewayangan, yang terkenal dalam kisah lokapala dalam kitab Arjuna Wijaya pupuh sinom karya Yasadipura dan Sindusastra, kira-kira abad ke-19M. 

Namun disini kami akan bahas tentang makna filosufisnya bukan sejarah dan cerita tentang kisah tersebut, karena website lain yang membahas tentang cerita dari pewayangan itu adalah sangat banyak.



Makna filosofi Sastro jendro hayuningrat pangruwading diyu
Makna filosofi Sastro jendro hayuningrat pangruwating diyu



Sebelum membahas lebih jauh terlebih dahulu kita urai apa makna dan arti Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu.


Makna dan Arti kata Satra jendra hayuningrat pangruwating diyu secara bahasa adalah sbb:



  • Sastra : untaian kata yang disusun/kalam/bisa berarti susunan beberapa kalam/ilmu tanpa tulisan tanpa papan.
  • Jendro : tentang  raja/agung/tinggi/'aliyah/'uluwwiyyah
  • Hayuningrat : kedamaian
  • Pangruwating : menjadikan baik/meruwat
  • Ndiyu : raksasa/simbol ketidaksempurnaan/keserakahan/nafsu

Ajaran Sastro jendro hayuningrat pangruwating diyu adalah ilmu tingkat tinggi  menuju kedamaian diri dan kesempurnaan (insanul kamil)dengan cara mengolah diri menundukkan nafsu (diyu).

Pangruwating barang sakalir atau jika bisa mencapai ilmu ini bisa menyelamatkan diri dari angkara murka, dan menjadi tameng sesama dari bala bencana. 

Makna filosofi wejangan Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu.


Makna berdasarkan bahasa tersebut, istilah Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu itu merupakan sebuah ilmu yang berhubungan dengan ilmu filqolbi atau hakikat dan makrifat.

Yaitu ilmu yang didapat secara rahasia dari tuhan melalui sebuah tirakat/tapa brata/laku prihatin/holwat/uzlah dengan bimbingan seorang guru khusus yaitu Mursyidul Haq.

Siapa Mursyidul Haq? Dia adalah seorang Pembimbing ruhani yang memang ditunjuk oleh Tuhan sebagai pengukir hati dan pengoperasi ruhani yang menjadi dasar untuk memperoleh ilmu rahasia ini. 

Dan tugasnya Mursyidul haq ini tidak bisa diwakilkan kepada orang lain, apalagi membuka cabang atau mengangkat badal/pengganti, seperti dalam Mursyid thoriqoh yaitu adanya mursyid badal/cabang. 
Dan biasanya dalam setiap kurunya hanya ada satu Mursyidul Haq didunia ini.

Dan dalam perjalanan ruhaninya seseorang akan mendapat kefahaman/ilmu langsung dari tuhan sang pencipta, yaitu tentang mulai mengenal siapa dirinya yang sebenarnya, sampai dia mengenal siapa tuhanya yang sebenarnya (makrifatul makrifat).

Dan bisa dikatakan bahwa Sastra jendra hayuningrat pangruwading diyu itu adalah Hidayah yang sesungguhnya.

Peran sang gurupun hanya bertugas mengantar dan membimbing perjalanan ruhaninya secara batin, namun turunya isi rahasia sastra jendra ini adalah hak tuhan dan hanya tuhan dan dirinya yang tahu.

Sehingga bila dilakukan dengan kesungguhan hati seseorang akan mampu mengenal tuhan dengan sebenarnya, dan bisa menyatukan rasa hatinya kepada merasakan tuhan atau manunggaling roso, sampai kepada manunggaling kawulo marang gusti atau wahdat alwujud.Lanjutkan ke halaman berikutnya

Post a Comment Blogger

  1. Terima kasih infonya yah, yuk liat juga Tafsir Mimpi Tentang Mobil Disini

    ReplyDelete

 
Top